Home » » MENGUPAS HAL-HAL YANG BERKAITAN DENGAN SEBUAH BLOG

MENGUPAS HAL-HAL YANG BERKAITAN DENGAN SEBUAH BLOG

SEO BlogSEO BLOG, membuat serta memiliki sebuah web/blog tidaklah sesederhana yang kita bayangkan (bila mana kita ingin blog kita berkembang), banyak hal yang harus kita tahu dan pahami, oleh karenanya SEO BLOG kali ini ingin sedikit mengupas seputar hal-hal yang berkaitan dengan keberadaan sebuah web/blog, yang mungkin saja dapat dipergunakan sebagai bahan acuan atau bekal awal di dalam membuat serta mengelola sebuah blog.

Adapun hal-hal yang berkaitan dengan sebuah blog tersebut (secara garis besar) adalah :

1. Template Blog
Template Blog adalah sebuah disain tampilan halaman blog yang berisikan dokumen file model-model tambahan (dapat berupa postingan atau widget) yang dikodekan dalam suatu bahasa program. Dengan kata lain, template blog adalah merupakan suatu wadah atau tempat kita meletakkan disain blog berikut konten atau isi dari pada blog itu sendiri.

2. Artikel Blog
Artikel blog atau yang lebih populer dengan istilah konten blog adalah berupa tulisan-tulisan dari si pemilik blog (blogger/webmaster) yang dapat berupa pengetahuan umum, tips-trik, ungkapan perasaan atau hal-hal yang lainnya, yang pada dasarnya merupakan inti dari pada blog itu sendiri.

3. Widget Blog
Widget blog ini pada dasarnya merupakan sebuah fitur-fitur tambahan atau fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam suatu blog yang dapat berupa suatu program, iklan atau informasi-informasi tertentu lainnya yang masih berkaitan dengan isi blog itu sendiri. Contoh beberapa widget standar yang selalu ada dalam sebuah blog adalah Indikator Alexa rank, Indikator Google page rank, Popular Post (artikel paling populer), daftar pengikut blog, model-model navigasi blog, Breaking News dan masih banyak yang lainnya.

4. Optimasi Blog
Optimasi blog pada dasarnya adalah merupakan serangkaian tindakan atau upaya-upaya yang dilakukan oleh pemilik blog (blogger/webmaster) dalam rangka memperkenalkan blog yang dimilikinya sekaligus menempatkan blog nya itu ke dalam suatu urutan posisi elite (posisi teratas)  pada hasil pencarian search-engine semacam Google. Langkah-langkah optimasi blog ini bisa dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO).

5. Backlink Blog
Berkaitan dengan optimasi blog, backlink blog ini dapat diartikan sebagai suatu dukungan link atau link balik dari berbagai blog/situs/website lain yang mengarah atau ditujukan kepada blog yang kita miliki atau yang mengarah kepada postingan-postingan blog. Backlink Blog ini biasa disebut juga dengan istilah SEO Offpage. Backlink Blog ini sangat penting artinya untuk mendukung keberadaan/eksistensi sebuah blog yang kita miliki agar dapat menempati posisi strategis pada hasil pencarian search-engine.

Demikianlah uraian tentang hal-hal yang berkaitan dengan blog, semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk menjaga kredibilitas dan kesehatan blog, kami akan menghapus komentar-komentar yang :
1. Memasang link-link aktif.
2. Terlalu pendek dan tidak sesuai topik bahasan.
3. Menyebabkan terjadinya broken-link
4. Bersifat promosi produk

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS