Home » » TENTANG PENGERTIAN BACKLINK BLOG DAN PENGARUHNYA

TENTANG PENGERTIAN BACKLINK BLOG DAN PENGARUHNYA

SEO BlogSEO BLOG kali ini akan sedikit menguraikan perihal pengertian backlink blog dan pengaruhnya terhadap keberadaan suatu web/blog. Sebagaimana kita ketahui, bahwa algoritma Google yang ada sekarang ini terkenal dengan sebutan Algoritma Google Penguin, yang bisa dikatakan lebih kejam dibandingkan dengan pendahulunya si Google Panda. Segala aktivitas blogger  berserta blog yang dipandang mencurigakan, pasti akan di sapu bersih. Hasilnya, sulitlah kita untuk dapat muncul di 10 besar pertama, pada halaman hasil pencarian khusus Google (Google SERP).

Di satu sisi, kebutuhan akan backlink yang berkualitas adalah merupakan kebutuhan utama para blogger untuk dapat mempertahankan posisi blog-nya untuk tetap dapat bertahan pada posisi tersebut di atas. Nah, dalam kondisi yang demikian ini hanya backlink-backlink yang diperoleh secara benar dan alami yang akan diperhitungkan bagi keberadaan suatu web/blog, agar dapat mempertahankan posisinya di jajaran atas tersebut. Saya sendiri telah membuktikannya selama 1 (satu) tahun lebih dalam hal mengelola beberapa blog yang lain. Hasilnya, blog/web yang saya usahakan untuk mendapatkan backlink secara instan dan terburu-buru, semua hilang dari peredaran, atau paling tidak mengalami penurunan urutan, dan yang paling celaka pagerank nya tidak pernah beranjak dari angka 1 (satu). Wah, kacau sekali kan ............. ?

Baiklah sebelum kita melakukan pembahasan lebih jauh, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan backlink tersebut. 

Secara pemahaman yang sederhana sebuah backlink dapat diartikan sebagai sebuah anchor-text yang memang sengaja kita tanamkan dalam sebuah web/blog milik orang lain atau milik kita sendiri (yang dapat dikategorikan sebagai dummy blog) dan mengarah kepada home page atau konten (artikel) yang telah kita miliki. Tujuan peletakan anchor-text ini adalah jelas untuk tujuan mengangkat derajat blog atau konten-blog (artikel blog) yang menjadi milik kita.

Dengan demikian dapatlah kita tarik suatu kesimpulan yang jelas, bahwasanya sehebat apapun atau serumit apapun tehnik SEO yang telah kita terapkan pada blog yang kita miliki, hal terrsebut tidak akan pernah mampu untuk menggantikan posisi backlink di mata mesin pencari dalam kaitannya untuk menaikkan atau mempertinggi Pagerank blog yang menjadi milik kita. Memang dalam kaitan ini backlink bukanlah satu-satunya alat bantu, melainkan tetap saja membutuhkan tehnik-tehnik SEO yang memadai sebagai bagian dari upaya optimasi blog untuk mempercepat serta memudahkan kerja Google Search Engines (mesin pencari) saat melakukan penelusuran terhadap blog kita. Dengan upaya optimasi yang maksimal ini pun akan dapat berdampak mempercepat proses loading blog yang kita punya, sehingga membuat para visitor akan selalu ingin kembali kepada kita, dan sebaliknya Google atau Yahoo akan senang meng-index blog kita.

Kembali kepada masalah backlink tadi, ada beberapa kriteria penting yang dapat mematahkan backlink itu sendiri, diantaranya adalah backlink yang kita dapatkan dari situs-situs atau blog yang berbau hacking, pornografi, judi, spamming dan gudang-link dengan tanpa memiliki isi (link-farm) yang baik tentu tidak akan dapat memberikan dampak positif bagi keberadaan blog milik kita. Di samping itu backlink yang berasal dari sebuah situs/website/blog yang memiliki 9 digit pertama yang sama, tidak akan dihitung sebagai sebuah backlink, karena akan dianggap berhubungan satu dengan yang lainnya. Untuk mengetahuinya, silahkan saja mencoba sebuah alat bagus dari webbuildpages.com di http://www.webbuildpages.com/cclass/index.php. 

Masih ada beberapa hal lain yang dapat berakibat meniadakan backlink tersebut diantaranya adalah pembelian backlink, backlink yang berasal dari situs yang tidak terindeks dalam data-base search engines, peningkatan backlink yang drastis sifatnya dan yang utama adalah backlink yang berasal dari situs yang tidak berkaitan dengan konten atau isi blog milik kita. Nah, dengan bertitik pangkal pada point yang terakhir inilah maka SEO BLOG dalam hal ini berusaha memaparkan tentang Pengertian Backlink Blog dan Pengaruhnya ini. Backlink yang telah kita bicarakan di atas tersebut secara umum dapat kita pahamkan sebagai backlink satu arah (one way backlink), karena backlink semacam ini merupakan jenis yang terbaik, dimana situs/blog di luar sana memberikan backlink kepada blog milik kita dengan memasang url homepage blog atau bisa juga memasang url artikel blog yang telah kita miliki. 

Backlink semacam ini akan berdampak positif bila diperoleh dari blog/web yang memiliki relevansi dengan apa yang menjadi topik utama atau thema blog milik kita. Nah, oleh karenanya, mulai saat ini baiklah kita belajar untuk selalu mencari backlink yang relevan dengan topik-topik utama yang ada pada blog milik kita.

Teriring permohonan maaf yang mendalam bila terdapat salah-salah kata, kami akhiri postingan kecil ini. Terima kasih atas kesediaan anda untuk membacanya.

3 komentar:

  1. Terima kasih informasinya sangat membantu sekali. Kunjungin balik ya http://www.widtama.com/backlink.html

    ReplyDelete
  2. Thanks info nya sangat bermanfaat
    Mau hosting gratis wordpress blog prestashop dan lainya
    mampir sini yuk https://www.webcyber.net

    ReplyDelete
  3. thx man looks better
    http://www.information-genie.tk

    ReplyDelete

Untuk menjaga kredibilitas dan kesehatan blog, kami akan menghapus komentar-komentar yang :
1. Memasang link-link aktif.
2. Terlalu pendek dan tidak sesuai topik bahasan.
3. Menyebabkan terjadinya broken-link
4. Bersifat promosi produk

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS