Home » » Korelasi warna batu akik dengan 7 cakra

Korelasi warna batu akik dengan 7 cakra

Majapahit GemstoneSebenarnya aku merasa kesulitan untuk memperpendek judul postingan ini, judul aslinya adalah Korelasi antara warna Batu-batuan perhiasan dengan 7 cakra manusia. Artikel ini akan membahas hubungan atau korelasi antara warna batu-batuan mata cincin dengan 7 cakra yang ada di dalam tubuh manusia.

Pendekatan awal.
Cakra adalah titik pusat energi yang ada di dalam tubuh bioplasmik manusia. Pengetahuan tentang cakra ini sebenarnya berasal dari negeri Timur. Negara-negara Barat termasuk Eropa pada awalnya tidak menganut keyakinan ini, dengan kata lain mereka tidak percaya dengan adanya cakra. Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, baik di bidang kesehatan, kedokteran modern atau bela diri, orang - orang Barat mulai banyak yang setuju dengan konsep adanya titik cakra dalam tubuh manusia. Bahkan, mereka sudah menciptakan alat yang bisa melihat cakra dalam waktu yang sangat singkat. Cakra tidak lagi dilihat secara mata batin, tetapi benar-benar muncul dalam perspektif olah digital.

Cakra tidak terlihat dalam tubuh fisik. Kalau tubuh manusia dibedah, anda tidak akan menemukan bagian-bagian cakra. Mengapa ? Karena cakra letaknya ada pada tubuh bioplasmik.

Tubuh bioplasmik adalah cetakan tubuh fisik manusia, yang benar-benar menyerupai tubuh fisik. Ada kepala, lengan, kaki, badan, dan sebagainya. Disebut bio karena hidup, dan plasmik berasal dari istilah plasma. Plasma di sini tidak sama dengan plasma darah. Plasma adalah istilah untuk menyebut bahan keempat dalam pembentukan suatu unsur fisika, selain padat, cair, dan gas. Wujud tubuh bioplasmik itulah yang muncul ke permukaan tubuh fisik manusia, dan kemudian disebut dengan "aura".
Diyakini ada 365 titik cakra dalam tubuh manusia, tetapi jumlah titik cakra yang utama (mayor) hanya ada tujuh. Yang tujuh ini sudah dianggap mewakili cakra lain yang jumlahnya ratusan itu. Masing-masing orang berbeda pendapat tentang apa saja tujuh titik cakra manusia. Tetapi saya sendiri meyakini, tujuh titik cakra (menurut versi keilmuan saya), tujuh titik cakra itu adalah :

    - Cakra Mahkota
    - Cakra Ajna
    - Cakra Hidung
    - Cakra Tenggorokan
    - Cakra Jantung
    - Cakra Solar Plexux
    - Cakra Kundalini

Salah satu fungsi cakra adalah untuk menyerap energi hidup atau prana alam yang ada di jagad raya. Tanpa prana alam, semua makhluk hidup akan mati. Energi prana alam inilah yang membuat manusia, hewan, dan tumbuhan bisa hidup dan menikmati dunia.

Tujuh Cakra Utama Manusia

1. Cakra Mahkota (Sahasrara)
Warna : Violet
Posisi : di sisi bagian atas kepala, daerah otak dan system syaraf (ubun-ubun).
Elemen : pemikiran
Tanda astro : Capricorn, Pisces
Kelenjar : Pineal (aktif selaras dengan pituitary)
Organ : Cerebral cortex, central nervous system
Fungsi : Integrasi dan Pemahaman
Disfungsi : depresi, mengasingkan diri, ketidakmampuan untuk belajar dan mengerti

Cakra ini adalah pusat masuknya energi Illahi ke seluruh lapisan tubuh & kesadaran. Seseorang yang cakra mahkotanya berkembang secara sempurna akan banyak mengetahui rahasia alam. Menjaga agar cakra ini selalu bersih amatlah penting agar energi spiritual dapat diterima secara terus menerus oleh seluruh tubuh. Apabila cakra mahkota yang terbuka dengan lebar maka seseorang dapat melakukan perjalanan astral dengan lebih mudah.

Gambar batu-batuan yang cocok.

Majapahit Gemstone

Warna batu yang cocok untuk cakra ini tentu saja yang berwarna ungu atau violet. Dan warna batuan ungu ini banyak dimiliki oleh beberapa Batu Kecubung atau Amethyst dan juga  Turmalin. Jenis cincin batu akik yang berwarna ungu ini sangat identik dengan warna  para raja sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Dan hal inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan, bahwa warna ungu selalu di kaitkan dengan cakra mahkota.

Untuk khasiat sendiri, khasiat yang dimiliki oleh cincin batu berwarna ungu ini minimal bisa meningkatkan daya pikir serta kecerdasan pikiran mereka-mereka yang menggunakannya. Selain itu, khasiat lain dari batu warna ungu ini yaitu dapat menimbulkan kedamaian, juga dapat menjaga diri dari beberapa pengaruh buruk, membuat ketenangan, kedamaian, serta mampu menyeimbangkan emosi diri

2. Cakra Mata Ketiga (Ajna)
Warna : Biru indigo (nila)
Posisi : di antara kedua mata (dahi/kening)
Elemen : cahaya
Tanda astro : Sagitarius, Aquarius, Pisces
Kelenjar : Pituary (aktif selaras dengan pineal)
Organ : mata
Fungsi : Penglihatan, intuisi, penyatuan
Disfungsi : sakit kepala, mimpi buruk, gangguan penglihatan

Cakra ini memberikan energi ke kedua mata, hidung & kelenjar pituitary. Disebut cakra mata ketiga karena cakra yang berkembang aktif & bersih dapat memberikan pewaskitaan (clairvoyance) atau kekuatan psikis lainnya. Selain pewaskitaan, cakra ini merupakan titik pemusatan & pengatur dari cakra-cakra di bawahnya. Cakra ini sering disebut pula berkaitan erat dengan pengetahuan duniawi & pengetahuan surgawi (spiritual). Seringkali manusia yang telah mencapai taraf kewaskitaan terpesona oleh sensasi tersebut & lupa akan tujuan hidup utamanya & lama terhambat pada kesadaran di tahap ini.

Gambar batu-batuan yang cocok

Majapahit Gemstone

Warna batu yang cocok untuk cakra ini yaitu batu yang memiliki warna biru muda serta biru tua. Dan batu yang memiliki warna biru ini banyak ditemukan pada jenis cincin batu akik seperti safir, lapis lazuli atau turmalin.

Khasiat yang dimiliki oleh jenis batu yang memiliki warna ungu yaitu berkaitan dengan ketajaman intuisi, pencarian identitas diri untuk menuju kebenaran, kecerdasan mental, kasadaran rohaniah dan batiniyah serta kebijakan. Selain itu, jenis batu ini juga mampu memperkuat juga mampu mempertajam organ mata, telinga, hidung dan sinus.

3. Chakra Tenggorokan (Vishudda)
Warna : Biru muda
Posisi : tenggorokan
Elemen : Ether
Tanda astro : Gemini, Taurus, Aquarius
Kelenjar : Thyroid dan Parathyroid
Organ : leher, bahu, lengan, tangan, telinga
Fungsi : komunikasi, energi ekspresif, kemauan untuk menyatukan symbol-simbol ke bentuk yang ideal (kuasa dan tenaga untuk memilih)
Disfungsi : problem thyroid (gondok), masalah pendengaran, leher, dan kerongkongan

Cakra ini memiliki 16 lembar daun. Secara fisik cakra ini memberikan energi pada kelenjar thyroid & parathyroid. Cakra ini merupakan pusat penciptaan yang lebih tinggi (kreativitas) & hubungan antar manusia. Seseorang dengan cakra tenggorokan yang berkembang akan memiliki pengertian yang mendalam mengenai hubungan antar sesama sehingga mempunyai hubungan yang baik dengan sesamanya. Kemampuan untuk berekspresi secara lisan juga dipengaruhi oleh cakra ini. Cakra jantung yang yang bersih & terhubung dengan cakra tenggorokan yang bersih pula akan mengakibatkan seseorang akan dapat mengekspresikan seluruh isi hati dengan baik. Sifat-sifat yang berkenaan dengan cakra tenggorokan yang berkembang dengan baik antara lain adalah kepasrahan, keberhasilan, kelimpahan & kesejahteraan serta pengembangan pengetahuan duniawi.

Gambar batu-batuan yang cocok.

Majapahit Gemstone

Jenis cincin batu akik yang memiliki warna biru ini terdapat pada jenis batu akik topaz biru, turmalin biru, phirus, bacan palamea dan lain-lain.

Untuk khasiat dari batu yang memiliki warna biru ini yaitu, mampu mempengaruhi daya kerja tenggorokan, dapat meningkatkan kelancaran dalam berbicara, dapat menyehatkan leher atau semua hal yang memang berkaitan dengan kreativitas, ekspresi, komunikasi, juga kebijaksanaan.

4. Cakra Jantung (Anahata)
Warna : Hijau
Posisi : tengah dada
Elemen : Udara
Tanda astro : Leo, Libra
Kelenjar : Thymus
Organ : jantung, paru-paru, lengan, tangan
Fungsi : mencintai diri, mencintai orang lain, pemenuhan hajat hidup, energi mental, kesadaran dan penyembuhan
Disfungsi : gangguan jantung, asma, dan paru-paru

Cakra ini memiliki 12 lembar daun, cakra jantung adalah cakra yang amat penting dalam spiritual karena dihubungkan sebagai lambang cinta kasih & penyembuhan. Secara fisik cakra jantung mengatur jantung & kelenjar thymus. Cakra jantung merupakan pusat dari seluruh perasaan halus seperti kasih sayang & cinta kasih. Seseorang dengan cakra jantung yang kecil, kotor atau terhambat akan memiliki kecenderungan egois, sombong, fanatik, tamak/rakus, munafik & gelisah. Sedangkan cakra jantung yang berkembang dengan baik menyebabkan seseorang penuh dengan rasa cinta kasih & kasih sayang serta dapat berempati terhadap sesama.

Gambar batu-batuan yang cocok

Majapahit Gemstone

Cakra anahata ini merupakan cakra bagian ke-4, yang mana cakra ini terletak pada bagian jantung serta dada. Warna yang cocok untuk cakra ini yaitu warna hijau. Dan jenis cincin batu akik yang memiliki warna hijau ini yaitu jenis batu sungai dareh, batu giok, batu bacan doko, batu lumut aceh, mata kucing hijau, malasit, turmalin, kalsit, batu garut hijau, dan lain sebagainya.

Khasiat yang dimiliki oleh jenis-jenis batu ini yaitu dapat memperkuat organ yang terdapat pada bagian jantung, dapat menimbulkan rasa cinta, menimbulkan kesetiaan serta rasa empati bagi yang menggunakannya, menetralisir emosi negatif, rasa welas asih, kemudahan dalam beradaptasi, rasa simpati, kedamaian, ketenangan, keramahan dan kebaikan dalam hidup, meningkatkan pemahaman.

5. Cakra Pusar (Manipura)
Warna : Kuning
Posisi : pinggang, perut (pusar/plexus solaris)
Elemen : Api
Tanda astro : Leo, Sagitarius, Gemini
Kelenjar : pancreas, adrenals
Organ : perut, hati, kantong empedu
Fungsi : pertumbuhan, penyembuhan, menerima dan mengeluarkan energi, tenaga bagi kemauan, tenaga personal
Disfungsi : gangguan pencernaan, borok, kencing manis, hypoglycemia, gangguan hati, metabolisme yang menyebabkan kegemukan

Cakra ini amat penting dalam mempertahankan vitalitas seseorang. Cakra ini memiliki 10 lembar daun. Cakra pusar berkaitan erat dengan sifat-sifat yang membawa kecenderungan seperti iri hati, rasa malu, tidak puas, murung, benci & takut (kekurangan rasa aman). Seseorang dengan cakra pusar yang berkembang & bersih maka akan dapat mengatasi hal-hal seperti tersebut di atas & mengubahnya menjadi suatu yang positif seperti rasa aman, puas, gembira, nyaman & percaya diri.

Gambar batu-batuan yang cocok.

Majapahit Gemstone

Cakra manipura ini merupakan bentuk cakra yang ke-3 yang terdapat pada bagian tubuh manusia, cakra ini terletak pada bagian atas pusar. Warna cincin batu akik yang cocok untuk cakra ini yaitu kuning serta kuning keemasan.

Untuk khasiat yang dimiliki oleh jenis batu warna kuning ini yaitu yang berhubungan dengan ego, menumbuhkan kepercayaan diri orang yang menggunakannya, rasa optimisme, simpel, praktis, serta beberapa hal lainnya.

6. Cakra Seks (Svadhisthana)
Warna : Jingga
Posisi : di bawah perut, abdomen (pada tulang pelvis)
Elemen : Air
Tanda astro : Cancer, Sagitarius, Scorpio
Kelenjar : ovarium, testicle
Organ : kandungan, alat kelamin, ginjal, kandung kemih, sistem sirkulasi
Fungsi : asimilasi, seksual, kesenangan, keinginan, gaya hidup yang memanjakan emosi
Disfungsi : gangguan kandung kemih dan ginjal, gangguan alat kelamin dan problem seksual, gangguan pinggang

Cakra sex memiliki 6 lembar daun, cakra seks berhubungan dengan penciptaan atau reproduksi & mempengaruhi aktivitas seksual seseorang. Cakra seks berkaitan erat dengan cakra tenggorokan yang berfungsi dalam penciptaan kreativitas atau ide. Seseorang dengan cakra seks yang bersih dan aktif akan memiliki pikiran yang lebih positif serta percaya diri. Sebaliknya seseorang akan menjadi tidak perduli, kasar, berpikir negatif (kurang kreatif), termasuk seks menyimpang jika cakra seksnya kotor & terhambat

Gambar batu-batuan yang cocok.

Majapahit Gemstone

Cakra svadisthana merupakan cakra yang ke-2, cakra ini terletak tepat pada bagian antara abdomen bawah dan kubul. Warna yang cocok untuk cakra ini yaitu warna orange yang terdapat pada hampir semua jenis cincin batu akik yang mengarah langsung ke warna orange.

Khasiat yang dimiliki oleh jenis batu ini yaitu dapat meningkatkan daya aktivitas, hubungan dalam kehidupan sosial, menumbuhkan semangat dalam hidup, energik, juga berkaitan dengan kesuburan baik bagi pria ataupun wanita.

7. Cakra Dasar (Muladara)Warna : Merah
Posisi : di antara alat kelamin dan anus (ujung tulang ekor)
Elemen : Tanah
Tanda astro : Aries, Taurus, Scorpio, Capricorn
Kelenjar : adrenals dan suprarenals
Organ : paha, kaki, tulang, usus besar
Fungsi : survival, gaya hidup yang mengutamakan energi fisik
Disfungsi : konstipasi, wasir, kegendutan, penyakit pegal pada pinggang radang sendi, gangguan lutut, anorexia nervosa

Cakra dasar mempunyai 4 lembar daun yang merupakan pusat energi dari tubuh fisik, kehidupan materi & keinginan untuk hidup. Cakra dasar yang aktif maka seseorang akan cenderung untuk hidup dengan penuh semangat & motivasi & sebaliknya cakra dasar yang kecil, kotor & terhambat maka akan hidup bermalas-malasan tanpa semangat bahkan memiliki kecenderungan untuk mudah putus asa bahkan bunuh diri.

Gambar batu-batuan yang cocok.

Majapahit Gemstone

Chakra muladhara yaitu cakra yang terletak tepat pada bagian tulang ekor. Organ tubuh yang berkaitan dengan ginjal, kantong urine dan usus besar. Warna yang cocok untuk cakra ini yaitu warna merah.

Khasiat yang dimiliki jenis batu ini yaitu yang berkaitan dengan daya tahan secara fisik, kemampuan dalam bekerja yang memang berkaitan langsung dengan fisik, serta beberapa hal lainnya.

Hubungan Cakra manusia dengan umur manusia
Di awal kehamilan seorang ibu, cakra dalam janin telah aktif dan memulai perkembangan. Pada keadaan tertentu, pikiran spiritual seorang anak telah mewujud. Di tahun pertama seorang anak yang pertama kali aktif adalah cakra pertama (mahkota), tahun ke-2 adalah cakra ke-2 , dan seterusnya hingga tahun ke 7. Tujuh tahun pertama disebut dengan fase “give the breast-feeding”, yaitu fase dimana seorang anak akan selalu melakukan aktivitas “mencoba” dan meniru kondisi-kondisi yang ia terima. Kemudian di fase 7 tahun berikutnya disebut fase “vital energy”, yaitu fase dimana seorang anak telah siap menjumpai dan menerima iklim pelajaran. Setelah itu terjadi “kilas balik” perkembangan cakra dimana terjadi “pengurangan” yang mengarah pada “tanah”. Artinya, pada tahun ke 8 seorang anak yang aktif adalah cakra ke-7, di tahun ke 9 seorang anak yang aktif adalah cakra ke-6, demikian seterusnya. Setiap 7 tahun sekali (7, 14, 21, dst) adalah fase yang sangat penting dimana akan selalu terjadi perubahan “reverse-forward” ditinjau dari perkembangan aktivitas cakra, yang sangat berpengaruh pada apa yang terjadi pada manusia.

Demikian uraian kami, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk menjaga kredibilitas dan kesehatan blog, kami akan menghapus komentar-komentar yang :
1. Memasang link-link aktif.
2. Terlalu pendek dan tidak sesuai topik bahasan.
3. Menyebabkan terjadinya broken-link
4. Bersifat promosi produk

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS