Home » » SEO Blog, faktor penting OnPage

SEO Blog, faktor penting OnPage

SEO Blog. Kali ini ingin berbagi tutorial tentang faktor-faktor paling penting dalam sebuah praktek SEO OnPage yang wajib untuk menjadi perhatian utama para blogger, khususnya untuk dapat meraih posisi tertinggi pada hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. SEO OnPage paling tidak merupakan sebuah barter penting bagi SEO OffPage jika kita tidak ingin terlalu lama menderita di dunia SEO blog.

Blog Blogging, seo onpage

Jika kita perhatikan gambar di atas, setidaknya terdapat 8 faktor utama dalam sebuah praktek SEO OnPage yang wajib untuk kita jadikan perhatian utama untuk mengembangkan sebuah situs atau blog, khususnya untuk dapat merebut posisi penting pada hasil pencarian search engine semacam Google search engine.

1. Meta Tages.
Meta Tag sebuah blog adalah berupa rangkaian script yang menjelaskan keberadaan sebuah situs atau blog yang terutama memuat tentang meta description, meta keyword, meta language dan lain-lain, dan biasanya terletak pada bagian atas sebuah template blog, diantara <head> sampai <b:skin><![CDATA[.

Contoh meta tags :
<meta expr:content='data:blog.canonicalUrl' property='og:url'/>
<meta content='article' property='og:type'/>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<meta content='id_id' property='og:locale'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>

2. Keyword.
Keyword adalah merupakan kata kunci yang dibidik oleh sebuah situs atau blog sebagai sebuah target dalam modus pencarian pada sebuah search engine. Kata kunci ini dapat berupa sebuah kata atau rangkaian kata yang boleh jadi menggambarkan niche sebuah situs atau blog. Penetapan kata kunci ini biasanya diletakkan pada script meta keyword.

Contoh keyword :
<meta content='keyword 1, keyword 2, keyword 3, keyword 4, keyword 5' name='keywords'/>

3. H1 Tag.
H1 Tag ini adalah merupakan sebuah rangkaian kata yang menunjukkan sebuah judul situs atau blog yang pengaturannya biasanya diletakkan di antara <b:skin><![CDATA[ sampai ]]></b:skin>

4. Alt Tags.
Alt Tag ini biasanya berhubungan dengan gambar-gambar yang kita pergunakan dalam blog kita, dapat berupa gambar-gambar postingan blog ataupun gambar-gambar widget blog yang berupa banner atau iklan blog.

5. Page Loading.
Page loading sangat berkaitan dengan kecepatan loading sebuah situs atau blog yang tentu saja harus dapat diakses secara maksimal meskipun berada pada koneksi internet yang lambat. Artinya, blog yang cepat saat loadingnya akan berpotensi untuk mendapatkan jumlah kunjungan yang banyak, meskipun bukan merupakan satu-satunya faktor penentu.

6. Keyword Placement dan Keyword Density.
Dua hal ini saling berkaitan, yaitu janganlah terlalu banyak menempatkan sebuah kata kunci dalam artikel atau postingan blog agar tidak menaikkan prosestanse kerapatan kata kunci (keyword density). Tidak mengulang kata kunci berlebihan. Berapa banyak pengulangannya? Google mengatakan bahwa pengulangan kata kunci itu minimal sebanyak 3 kali dan Google akan menganggapnya penting. Tapi dalam prakteknya sering kali 3 kali ini benar-benar minimalis; jadi jika anda mau amannya maka pastikan berada di range yang aman (tidak akan kekurangan maupun kelebihan), yaitu 2%-4%.

7. Description.
Description ini adalah salah satu Optimasi SEO onpage yang perlu anda perhitungkan. Walaupun Google bisa dengan bebas mengambil dari body text halaman web anda, namun akan jauh lebih baik jika anda "mengendalikannya" untuk kata kunci yang paling anda inginkan. Ada baiknya anda memasukkan variasi kata kunci panjang ke dalamnya untuk menunjang title tag.
Sebagai contoh jika anda mempunyai title tag "Jual Mobil Toyota Bandung", maka ada baiknya anda memasukkan kata kunci penunjang lainnya ke dalam meta description. Misalnya "on road" atau off road" atau "murah" atau "hadiah" atau "bonus". Dengan demikian anda berpeluang menguasai banyak versi long tail dari kata kunci yang diketikkan.
 
Demikianlah uraian saya, semoga bermanfaat.
 

6 komentar:

  1. SEO OnPage memang merupakan faktor penting untuk meningkatkan posisi blog pada hasil SERP

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas tutorialnya, menambah wawasan aku yang newbie ini, salam blogger

    ReplyDelete
  3. Informasinya bermanfaat Gan,,, makasih meskipun saya harus kmbali baca ulang dan mempelajari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mempelajari SEO itu gampang-gampang susah ....

      Delete
  4. thanks for sharing this beautiful information i loved to see your next update
    http://no1worldlifestyle.blogspot.com/

    ReplyDelete

Untuk menjaga kredibilitas dan kesehatan blog, kami akan menghapus komentar-komentar yang :
1. Memasang link-link aktif.
2. Terlalu pendek dan tidak sesuai topik bahasan.
3. Menyebabkan terjadinya broken-link
4. Bersifat promosi produk

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS