Home » » BEBERAPA PERMASALAHAN DASAR SEPUTAR KEYWORD DENSITY

BEBERAPA PERMASALAHAN DASAR SEPUTAR KEYWORD DENSITY

SEO Blog
SEO BLOG. Keyword Density (kepadatan kata kunci) secara sederhana dapat kita artikan sebagai suatu kepadatan/kerapatan kata kunci (keyword) dalam sebuah halaman web/blog. Perhitungannya sendiri dilakukan dengan membandingkan jumlah kata kunci yang dideteksi dengan jumlah keseluruhan kata per halaman. Lebih jelasnya begini, mesin pencari (search engine) akan membaca keyword density mulai kata kunci satu kata, dua kata dan seterusnya. Kemudian hasil perbandingan itu dilaporkan dalam bentuk sebuah nilai prosentase.

Berikut ini pengertian keyword density menurut Wikipedia :

Keyword density is the percentage of times a keyword or phrase appears on a web page compared to the total number of words on the page. In the context of search engine optimization keyword density can be used as a factor in determining whether a web page is relevant to a specified keyword or keyword phrase.

Kepadatan kata kunci adalah prosentase jumlah kata kunci atau frase yang muncul pada sebuah halaman web dibandingkan dengan jumlah total kata pada halaman tersebut. Dalam konteks optimasi mesin pencari (search engine optimization) kepadatan kata kunci dapat dipergunakan sebagai acuan atau faktor dalam menentukan apakah sebuah halaman web relevan dengan kata kunci tertentu atau frase kata kunci tertentu.

Banyak ahli SEO mempertimbangkan keyword density optimal untuk menjadi 1 % sampai 3 % saja. Menggunakan kata kunci lebih dari itu bisa dianggap spam oleh mesin pencarian. Rumus untuk menghitung kepadatan kata kunci pada sebuah halaman web untuk tujuan SEO adalah :

(NKR / TKN) * 100

Hal mana NKR adalah berapa kali Anda mengulangi kata kunci tertentu (jumlah kata kunci tertentu dalam sebuah halam web/blog) dan TKN total kata dalam keseluruhan halaman web/blog yang bersangkutan. Ini akan menghasilkan nilai kepadatan kata kunci tertentu. Saat menghitung kepadatan kata kunci, pastikan untuk mengabaikan tag html dan tag tertanam lainnya yang tidak akan benar-benar muncul dalam teks halaman setelah diterbitkan.


Fungsi dari perhitungan kepadatan kata kunci (keyword density)

Menganalisa kepadatan kata kunci atau keyword density ini merupakan upaya untuk menghindari terjadinya banned oleh mesin pencari karena faktor spam. Sebuah web atau blog yang memiliki kepadatan kata kunci melebihi ambang batas yang telah ditentukan oleh masing-masing mesin pencari (Yahoo, Google dan lain-lain) pastilah akan digolongkan sebagai suatu webspam dan berakibat terlempar keluar dari hasil pencarian oleh mesin pencari tersebut.

Berikut ini sebuah video yang berkisah tentang keyword density yang ideal untuk sebuah halaman web/blog.



Walaupun Google tidak menyebut ukuran kepastian tentang kepadatan kata kunci (keyword density) ini, tetapi secara umum ukuran ideal untuk Google berada pada kisaran 4% - 6% dan Bing/Yahoo di sekitar 6% - 9%.

Berikut ini adalah contoh hasil penelitian keyword density dalam sebuah web/blog  :

SEO Blog
Dari data di atas, dapat diketahui keyword density web/blog yang bersangkutan berada pada kisaran 1,03 % sampai yang tertinggi 5,84 % (blog).

Demikianlah uraian tentang beberapa permasalahan dasar seputar keyword density, semoga dapat bermanfaat.

19 komentar:

  1. yang ini ane tambah belum mudeng gan ....hahahaha maklum soalny saya mash newbie ,,,,

    ReplyDelete
  2. jika kepadatan kata kunci 1/30% apa sudah memenuhi target kepadatan kata kunci gan

    ReplyDelete
  3. untuk perhitungan kata kunci saya belum mengerti betul,tapi berkat artikel anda ini.saya akan mencoba untuk terus mempelajari kepadatan kata kunci yang ideal dalam sebuah web page

    ReplyDelete
  4. kemungkinan saya baru saja mengalami penurunan pengunjung karena menambah keyword terlalu banyak, tapi keyword itu saya tambahkan sebagai link di dalam postingan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keyword terlalu banyak dalam sebuah postingan blog, bisa jadi dianggap spam oleh Google.

      Delete
  5. terima kasih sharingnya, agak rumit emang seo

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEO emang rumit, ditambah lagi dengan Algoritma Google yang selalu berubah setiap saat. Saya saja belum 100 % paham terhadap yang namanya SEO ini.

      Delete
  6. gan template blog mu keren
    boleh minta templateny gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh saja, gratis kok, tapi kirim saya alamat email anda dulu, biar bisa saya kirim templatenya.

      Delete
  7. keyword density membuat saya bingung... banyak faham yang berbeda di antara para master SEO...

    ReplyDelete
  8. Saya bingung dgn masalah keyword density ini, kalau tidak begitu diperhatikan pd sebuah artikel blog, dapat berpengaruh apa ya gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak terlalu berpikir masalah keyword density ini, karena algoritma Google selalu berubah dan berkembang, jalani aja apa adanya. Thanks.

      Delete
  9. Dalam setiap penulisan saya jarang sekali meneliti berapa besar keyword density yang ada pada setiap artikel yang saya tulis... Tapi alhamdulillah.. sampai saat ini lancar-lancar aja...
    terima kasih sudah sharing... buat admin.. sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam persahabatan balik buat anda, saya juga gak mau pusing dengan keyword density, yang penting ngeblog terus aja gan.

      Delete
  10. Bicara tentang keyword density ini memang cukup rumit, dan aku tidak terlalu memusingkannya. Trims for sharing gan.

    ReplyDelete
  11. memang sih, keyword density jadi salah satu faktor, namun tetap harus diperhatukan batasannya..

    ReplyDelete
  12. artikelya jelas gk rumit mudah di mengerti,,

    ReplyDelete

Untuk menjaga kredibilitas dan kesehatan blog, kami akan menghapus komentar-komentar yang :
1. Memasang link-link aktif.
2. Terlalu pendek dan tidak sesuai topik bahasan.
3. Menyebabkan terjadinya broken-link
4. Bersifat promosi produk

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS