Home » » BEBERAPA CARA EFEKTIF UNTUK MENDAPATKAN BACKLINK BERKUALITAS

BEBERAPA CARA EFEKTIF UNTUK MENDAPATKAN BACKLINK BERKUALITAS

SEO Blog
SEO BLOG kali ini ingin berbagi pengalaman tentang beberapa cara efektif untuk mendapatkan sebuah backlink yang berkualitas, tentu saja aman, alami alias natural dan berasal dari situs-situs yang terpercaya. Cara ini memang tidak dapat instan sebagaimana backlink itu sendiri tidak dapat berdampak instan bagi keberadaan sebuah blog. Namun satu hal yang pasti, dengan adanya backlink berkualitas ini tentu saja akan mendukung sekaligus mendongkrak pagerank blog untuk jangka panjangnya.


Setelah sekian lama kita berjuang dengan SEO OnPage, maka saatnya sekarang kita mencari backlink yang berkualitas sebagai bagian dari tehnik SEO OffPage.

Terus terang, perolehan backlink sebuah blog yang mendadak dalam jumlah yang besar atau fantastis, akan menyebabkan Google dengan algoritma Penguinnya menjadi curiga serta bisa jadi mengindikasi blog tersebut sebagai bagian dari webspam, yang pada akhirnya akan mengkarantina blog tersebut untuk tidak tampil pada halaman-halaman utama hasil pencarian (SERP). Backlink yang berkualitas itu sendiri pada dasarnya harus berasal dari situs-situs atau blog yang tidak sedang dicurigai oleh Google, memiliki pagerank yang lebih tinggi dan paling tidak memiliki thema yang sama dengan blog pencari backlink tersebut serta merupakan "one way backlink" bukan hasil tukar menukar link.

Berikut ini akan sedikit saya beberkan cara mendapatkan backlink sebagaimana yang telah diuraikan di atas.

Berkomentar pada blog-blog DoFollow.
Berkomentar atau meninggalkan jejak berupa sebuah komentar pada sebuah blog yang DoFollow, sampai saat ini masih merupakan cara yang paling efektif untuk mendapatkan "one way backlink", dengan catatan konten atau posting artikel tersebut memiliki kemiripan atau sama dengan konten blog pencari backlink. Dalam hal berkomentar ini hendaknya jangan melakukan praktek-praktek spamming dengan menyisipkan link-link aktif. Untuk mendapatkan backlink, hendaknya melakukan komentar dengan mempergunakan fasilitas Nama/URL atau dengan mempergunakan OpenID.

Kirim artikel-artikel unggulan lewat media Social Bookmarking.
Media Social Bookmarking pada dasarnya merupakan sebuah media untuk menampung artikel-artikel semua blog atau situs dalam rangka mendukung perolehan backlink yang berkualitas. Di dunia banyak beredar media Social Bookmarking ini, namun pada artikel ini hanya saya berikan beberapa contoh saja.
  • http://digg.com/ (PR 8)
  • http://www.folkd.com/ (PR 7)
  • http://linkagogo.com/ (PR 6)
  • http://www.social-bookmarking.net/ (PR 6)
  • http://soforce.com/ (PR 5)
Dan masih banyak yang lainnya lagi.

Bergabung dengan Komunitas Google Plus Groups.
Bergabung atau menjadi bagian dari sebuah Komunitas Google Plus Groups memiliki cukup banyak manfaat, selain kita dapat men-submit artikel-artikel blog yang kita miliki, kita juga dapat memperoleh backlink yang tak terbatas lewat komentar-komentar yang kita tinggalkan, tentu saja kita harus menyisipkan link aktif menuju blog yang kita carikan backlink tersebut. Salah satu contoh Komunitas Google Plus Groups yang dapat anda ikuti adalah :  BLOGGER PEMULA INDONESIA 67.

Kiranya cukup sampai di sini uraian saya tentang beberapa cara efektif untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, semoga bermanfaat. Buat anda para pembaca yang budiman, bila anda memiliki cara lain, silahkan share pada kotak komentar yang ada.

3 komentar:

  1. masih bingung saya gan, apakah backlink sangat berguna?? Jangan lupa kunjungan balik di HanungB [bukan link aktif]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepanjang pengalaman yang aku dapat, backlink yang berkualitas tersebut sangat berguna untuk menaikkan pagerank sebuah blog, disamping untuk meraih posisi SERP yang bagus.
      Salam blogger.

      Delete
  2. Saya pemula, sekarang sedang berkelana untuk menambah pengetahuan untuk mendukung pengelolaan blog saya, artikel yang bagus terutama buat saya

    ini blog baru saya armun4876.blogspot.com

    ReplyDelete

Untuk menjaga kredibilitas dan kesehatan blog, kami akan menghapus komentar-komentar yang :
1. Memasang link-link aktif.
2. Terlalu pendek dan tidak sesuai topik bahasan.
3. Menyebabkan terjadinya broken-link
4. Bersifat promosi produk

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS