Home » » CIRI-CIRI KOMENTAR YANG TERGOLONG DALAM KOMENTAR SPAM

CIRI-CIRI KOMENTAR YANG TERGOLONG DALAM KOMENTAR SPAM

SEO BlogSEO BLOG. Berkomentar atau meninggalkan jejak berupa sebuah komentar dalam blog milik orang lain masih menjadi primadona dalam hal mendapatkan backlink untuk meningkatkan posisi blog pada hasil SERP. Namun, ada kalanya tujuan ini menjadi rusak berantakan manakala komentar yang kita tinggalkan tersebut tergolong 'komentar spam' yang pada dasarnya sangat dibenci oleh Google maupun para blogger. Komentar spam ini dapat merupakan hasil penggunaan robot tertentu dan bisa juga dilakukan secara manual (sengaja untuk tujuan-tujuan tertentu).

Pada artikel kali ini, SEO BLOG akan sedikit membuka fakta tentang ciri-ciri yang termasuk ke dalam golongan 'komentar spam' tersebut, sebagai berikut :

1. Komentar berisi sebuah link aktif. Jangan pernah toleransi komentar berisi link aktif sebagus apapun itu. Sebab komentar berisi link aktif ini sudah jelas memiliki tujuan tersendiri meskipun sang komentator-nya tampak tulus dalam menuliskan komentarnya.

2. Nama komentator (anchor text) terlalu generik, atau menggunakan keyword-keyword umum. Biasanya didominasi dengan nama obat-obatan, gambling, perumahan, dan lain-lain atau keyword generik terdiri dari kata-kata panjang, misalnya keyword-keyword kontes SEO. Tidak ada tujuan lain selain "menyembah Google" demi kepentingan pribadi.

3. Komentar yang cukup pendek dan seolah memuji, di atasnya nama komentator dengan keyword tidak relevan sama sekali. Biasanya seperti ini, "Nice site!", "Nice blog", "Keren", "Makasih", dll. Saya menganggap komentar demikian terlalu mengada-ada dan sangat tidak relevan.

4. Komentar panjang namun terlalu umum. Sering ditemui dalam bahasa Inggris atau hasil translate dari bahasa Indonesia dan atau sebaliknya. Seolah memuji, bahkan kadang mengkritik. Contoh: "You have a very good topic to talk about. It is a luck for me to drop by! Keep up the good work! Only, your site is too slow. But it's okay. I will come here often." Ini adalah contoh kalimat generik, biasanya dilakukan oleh robot, atau digunakan oleh spammer manual berkali-kali di berbagai komentar (copy paste). Tentu bervariasi. Ada jasa backlink otomatis yang menyediakan template isi komentar, dalam PHP, JS, dan lain-lain.

5. Seringkali ada komentar yang menyisipkan link dalam komentar yang relevan. Biasanya dilakukan secara manual. Contoh "Tutorial blog yang bagus mas. Jadi tahu bagaimana cara membuat permalink." Tidak ada tujuan lain selain mencari relevansi dan mengarahkan backlink demi memuja "sang dewa SEO".

6. Komentar yang jauh dari topik tanpa tedeng aling-aling. Contoh: "Ada berita bagus. Bisnis online ABC yang terbukti membayar, jangan lewatkan kesempatan ini. Langsung kunjungi LINK!", yang dituliskan pada sebuah artikel tentang Optimasi Blog.

7. Komentar dan atau nama komentator berisi link referral affiliate. Ini sudah jelas, tidak ada toleransi sedikitpun, harus dan wajib dihapus !

8. Komentar yang menggunakan Anonim. Pola komentar yang seperti ini (sebagus apapun isi komentarnya) jelas-jelas merupakan praktek spamming. Bila ingin berkomentar, hendaknya kita menunjukkan identitas yang jelas. Komentar seperti ini tentu tidak ada gunanya baik bagi pemilik blog maupun di komentator sendiri.

9. Berkomentar dengan mempergunakan fasilitas Nama/URL. Sebenarnya saya tidak terlalu yakin tentang pola berkomentar yang satu ini, namun ada sebagian blogger yang menganggapnya sebagai praktek spamming. Jika pola komentar spam seperti ini dianggap spam, bagaimana dengan fitur komentar yang disediakan oleh Wordpress, semua mencantumkan Nama, Url dan email sang komentator, contohnya seperti di bawah ini.

SEO Blog

Selanjutnya bagaimana dengan contoh-contoh fitur komentar yang berikut ini  :

SEO Blog

Jelas-jelas sang pemilik blog melarang untuk melakukan spam, namun fitur komentarnya masih menyediakan fitur Nama/URL, bahkan masih ada fitur Anonymous. Apakah ini merupakan sebuah jebakan ?

Bagi saya pribadi, fitur berkomentar dengan mempergunakan Nama/URL ini tidak saya kategorikan sebagai komentar spam sepanjang tidak mencantumkan link-link aktif.

Nah, bagaimana dengan anda sendiri ?

Inspirasi : http://buka-rahasia.blogspot.com


9JMSXJNRCACT

52 komentar:

  1. Bagaimana kalau kita pasang fitur komentar miliki facebook atau google plus ? Apakah dapat membantu mengurangi efek komentar spam ini ?
    Salam blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai informasi saja, para spammer ini sekarang pun juga memiliki akun facebook maupun google plus, jadi kita tetap kudu hati-hati.

      Delete
  2. Keren & sangat memberi informasi. nice blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati dengan komentar yang terlalu pendek mas bro ..., bisa berdampak negatif.

      Delete
  3. Yah sebagai blogger sejati kita musti bijaksana dalam menangani kasus-kasus spamming ini, tidak perlu 'over protective', nyantai aja, bilamana kita rasa masuk kategori spamming, yah ... kita hapus aja. Selesai. Salam blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebuah saran yang logis dan masuk akal mas bro, salam blogger mania

      Delete
  4. begitu ya gan,
    makasih atas infonya,

    ReplyDelete
  5. klo saya kurang setuju dengan yg no 8, mas. gimana klo si anonim ini benar-benar orang awam atau masyarakat umum yg tidak tau apa itu Google account dan sejenisnya. banyak lho yang seperti itu. yang penting kan komentarnya nyambung sesuai topik pembahasan kan nggak apa-apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara logika, seseorang yang berkomentar dalam sebuah blog (milik orang lain) pasti ingin terjadi perkembangan pada blog yang dimilikinya (untuk mendapatkan backlink), kalau memang itu yang dibutuhkannya, kenapa ia harus menggunakan modus Anonim ?
      Google akan menganggap komentar dengan modus Anonim ini sebagai sebuah praktek spamming.
      Anda bisa mempraktekkannya sendiri dengan bantuan Widget Alexarank.

      Delete
  6. oh ya mas, mau tanya. .aku kan masih newbie , memangnya kenapa sich koq harus ada yang namanya spamer??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua blogger pasti ingin blognya berkembang dan mendapatkan tempat terbaik dalam proses pencarian Google (SERP). Salah satu cara yang terbaik adalah dengan mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya.
      Makannya dia akan meninggalkan banyak link aktif yang menuju ke blog miliknya dalam setiap komentar-komentarnya.
      Di sisi lain, banyak juga blogger2 nakal yang ingin menjatuhkan kredibilitas blog saingannya dengan menerapkan praktek2 spammer.

      Delete
  7. Wahh banyak juga jenis spam pada komentar di blog, bener-bener lebih berhati-hati ini sebagai blogger yang baru saja beranjak belajar. :D mas saya tanya komentar komentar seperti di atas itu berdampak sangat fatal ya mas bagi blog kita?? contohnya apa saja mas?? maaf masih bingung. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contoh yang gampang adalah terhambatnya kenaikan Pagerank blog anda bilamana anda memang concern pada kualitas blog.

      Delete
  8. Kalau menurut saya sih, komentar spam itu berupa komentar yg terdapat link aktif, dan link aktif tersebut adalah link asing.

    Tapi, kembali lagi deh ke pemilik blog, yg akan menganggap komentar itu spam atau bukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya klo pemilik blog sih oke-oke aja, tapi nanti dulu, semua blog yang ada pasti butuh perhatian Google search engine sebagai satu-satunya raksasa mesin telusur.
      Nah, kalo blog kita tidak dilirik ama Google gara-gara terlalu banyak menyimpan spam ...., terus bagaimana ...... ??? Percuma kan kita susah-susah bikin blog ???

      Delete
  9. setuju mas, saya pun begitu,
    gpp kalau anomim pun sepanjang tidak buat ricuh atau link aktif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi saya komentar Anonim itu adalah komentar seorang pengecut, kalau berani berkomentar, harus berani menunjukkan siapa dirinya toh ....?????

      Delete
  10. Mantap gan. . Ane hanya nyimak ajha.
    .
    Mampir
    .
    http://denmaceldm.blogspot.in/2013/06/kata-cinta-dm.html

    ReplyDelete
  11. Trims sob! Saya sudah membuang semua span di blogku.

    ReplyDelete
  12. Permisi mas, numpang komentar & semoga tidak masuk ke keranjang sampah wekeke.. Saya nyasar kesini karena lagi mencari referensi tentang cara komentar yang baik.. Terimakasih atas pencerahannya

    ReplyDelete
  13. saya dulu pernah dapat komentar spam yang isinya sama semua, sepertinya nyembah google, dan langsung deh di hapus... :D

    ReplyDelete
  14. Saya belum begitu tau tentang spam dan pada komentar di blog aktifkan jadi bisa di pilih sebelum di publikasikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah ... itu namanya mengaktifkan Modus Moderasi Komentar. Salam

      Delete
  15. terus giana caranya kita mengenalkan link kita , kalo kita ninggalin link kita ke komntar blog orang lain itu dianggap spam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus untuk blog saya, telah saya berikan fasilitas komentar dengan mempergunakan modus "Name/Url", nah ... manfaatkan itu dengan sebaik-baiknya, jadi tidak perlu meninggalkan link aktif.

      Delete
  16. terus bagaimana caranya menghilangkan fitur komentar anonimus gan?

    mau saya terapkan disini :
    http://longscripts.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan saja Modus Moderasi Komentar yang telah disediakan oleh Blogger.

      Delete
  17. Mengapa kami senang berkunjung di blog ini, karena selalu ada artikel yang menarik dan berkualis seperti ini? salam sukses

    ReplyDelete
  18. Wah musti hati hati kalo nulis komentar ini gan, hehe makasih gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepanjang anda mempergunakan fasilitas komentar dengan baik, saya rasa gak akan ada masalah. Salam.

      Delete
  19. Saya sering mendapatkan kunjungan komentar dengan pujian dan komentar yang tidak jelas seperti promosi dengan pemilik yang tidak jelas.. hadeuhh...

    ReplyDelete
  20. makasih banyak buat informasinya,, snagat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  21. izin komen tanpa ninggalin link ituDewa.net Agen Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia | fshared

    ReplyDelete
  22. Terima kasih banyak Gan atas info yang anda berikan, ini sangat bermanfaat sekali buat saya sebagai pemula,he..he..
    Jual Tempat Tidur

    ReplyDelete
  23. gimana kalo sering pke Nama/URL ke blogger lain apa itu dianggap SPAM.
    Tapi kalo yang namanya bisnis produk online kan harus perbanyak baklink nya, dan menyimpan promosi produknya.!?

    Sebelumnya maaf saya masih belajar.!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penggunaan Modus tersebut sepertinya boleh-boleh saja, namun jangan terlalu sering dilakukan, pencarian backlink hendaknya dilakukan secara natural-alami dan jangan tergesa-gesa

      Delete
  24. I always tool.It screwdriver pliers knife would not be comfortable without his tools.I built a saw blade and several other brand Leatherman multi tool folding take one.

    http://www.aktual.com

    ReplyDelete
  25. Salam kenal mas. Backlink yang natural atau alami karakteristiknya itu yang gimana ya mas ?.

    ReplyDelete
  26. Komentar yang menggunakan anonim dan komentar pendek menjadi ciri-ciri komentar yang tergolong spam, untuk itu sebaiknya berkomentar yang relevan dengan membaca artikelnya terlebih dahulu. Terima kasih untuk informasinya

    ReplyDelete
  27. termakasih infonya gan..sangat membantu bagi saya yang pemula...sukses selalu gan

    ReplyDelete
  28. hehehe... asal jangan pake link aktif ya gan...hehehe

    ReplyDelete
  29. Cakeeub nih . .no link idup

    pakai moderasi komentar aja gan via email, thx

    Newbie nih - http://pepinnono.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  30. saya fikir kata-kata "terimakasih, atau terimakasih infonya" bukan spam, kadangkala sehabis membaca suatu artikel yang memberikan tips atau tutorial yang menurut kita berguna, apakah tidak semesitinya kita berterima kasih?

    ReplyDelete
  31. wow this theme a very amazing success for your site, thanks a
    obat keloid bismilah http://acemaxs31.com/obat-keloid/

    ReplyDelete
  32. komentar2 kaya gitu banyak saya liat juga mas d bbrapa blog yg saya kunjungi..ygkaya gitu termasuk spamm komentar toohh,,baru tau..

    ReplyDelete

Untuk menjaga kredibilitas dan kesehatan blog, kami akan menghapus komentar-komentar yang :
1. Memasang link-link aktif.
2. Terlalu pendek dan tidak sesuai topik bahasan.
3. Menyebabkan terjadinya broken-link
4. Bersifat promosi produk

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS